Langkah Dasar dan Contoh Simulasi Antrian

 Langkah Dasar dan Contoh Simulasi Antrian Oleh Fadllin Fadlu Rahman

Langkah Dasar dan Contoh Simulasi Antrian

Langkah langkah dasar simulasi

  1. Menetapkan karakteristik masukan
    • Biasanya memodelkan sebagai distribusi
  2. Menkontruksi tabel simulasi
    • Spesifikasi masalah
    • Biasanya terdiri dari sekumpulan masukan dan lebih dari satu respon-pengilangan
  3. Membangkitkan nilai secara berulang untuk setiap masukan dan mengevaluasi fungsi

Tabel Langkah Dasar Simulasi

Contoh Simulasi Sistem Antrian

Sistem antrian terdiri dari:
  1. Pemanggilan populasi (Calling population): Biasa tidak terbatas: jika sebuah unit keluar, tudak ada perubahan pada laju ketibaan/kedatangan.
  2. Kedatangan/ketibaan: terjadi secara acak
  3. Mekanisme pelayanan: sebuah unit akan dilayani dalam panjang waktu yang acak berdasarkan suatu distribusi probablititas
  4. Kapasitas sistem: tidak ada batasan
  5. Displin antrian: urutan layanan, misal FIFO

Aliran Sistem Antrian

  1. Kedatangan dan pelayanan didefinisikan melalui distribusi probabilitas waktu antara kedatangan dan distribusi waktu pelayanan. 
  2. Laju pelayanan vs. laju kedatangan: tidak stabil atau ekplosif 
  3. Keadaan: jumlah unit dalam sistem dan status dari pelayan 
  4. Peristiwa: Stimulan yang menyebabkan keadaan sistem berubah. 
  5. Clock simulasi: Trace waktu simulasi.

Gambaran Umum Sistem Antrian

Diagram Aliran Layanan yang Telah Selesai

Diagram Aliran Unit Memeasuki Sistem

Aksi Aksi Potensial Saat Kedatangan

Keluaran (outcomes) Pelayanan setelah Layanan Selesai

Artikel ini dibuat sebagaimana yang tertuang di dalam https://onlinelearning.uhamka.ac.id/

Soal Dan Jawaban TUGAS-6
Berikut adalah 20 soal essay tentang Langkah Dasar dan Contoh Simulasi Antrian beserta jawabannya:

1. Apa yang dimaksud dengan simulasi antrian?
Jawaban: Simulasi antrian adalah proses mendesain model dari suatu sistem antrian nyata dan melakukan eksperimen dengan model tersebut untuk memahami perilaku sistem itu atau mengevaluasi berbagai strategi operasi dari sistem.

2. Apa saja komponen dasar proses antrian?
Jawaban: Beberapa komponen dasar proses antrian meliputi kedatangan, mekanisme pelayanan, kapasitas sistem, disiplin antrian, urutan layanan (FIFO), aliran sistem antrian kedatangan, penerimaan atau pengecekan, antrian, lama layanan, pengingkaran (reneging), dan penolakan (balking).

3. Apa yang dimaksud dengan kedatangan dalam proses antrian?
Jawaban: Kedatangan dalam proses antrian adalah waktu saat pelanggan datang ke sistem antrian.

4. Apa yang dimaksud dengan mekanisme pelayanan dalam proses antrian?
Jawaban: Mekanisme pelayanan dalam proses antrian adalah cara sistem memberikan layanan kepada pelanggan.

5. Apa yang dimaksud dengan kapasitas sistem dalam proses antrian?
Jawaban: Kapasitas sistem dalam proses antrian adalah jumlah pelanggan yang dapat dilayani oleh sistem dalam satu waktu.

6. Apa yang dimaksud dengan disiplin antrian dalam proses antrian?
Jawaban: Disiplin antrian dalam proses antrian adalah aturan yang mengatur perilaku pelanggan dalam antrian.

7. Apa yang dimaksud dengan urutan layanan (FIFO) dalam proses antrian?
Jawaban: Urutan layanan (FIFO) dalam proses antrian adalah aturan yang mengatur pelanggan dilayani sesuai dengan urutan kedatangan mereka.

8. Apa yang dimaksud dengan aliran sistem antrian kedatangan?
Jawaban: Aliran sistem antrian kedatangan adalah pola kedatangan pelanggan ke sistem antrian.

9. Apa yang dimaksud dengan penerimaan atau pengecekan dalam proses antrian?
Jawaban: Penerimaan atau pengecekan dalam proses antrian adalah tahap di mana pelanggan diperiksa untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk menerima layanan.

10. Apa yang dimaksud dengan antrian dalam proses antrian?
Jawaban: Antrian dalam proses antrian adalah tempat di mana pelanggan menunggu untuk menerima layanan.

11. Apa yang dimaksud dengan lama layanan dalam proses antrian?
Jawaban: Lama layanan dalam proses antrian adalah waktu yang dibutuhkan oleh sistem untuk memberikan layanan kepada pelanggan.

12. Apa yang dimaksud dengan pengingkaran (reneging) dalam proses antrian?
Jawaban: Pengingkaran (reneging) dalam proses antrian adalah perilaku pelanggan yang meninggalkan antrian sebelum menerima layanan.

13. Apa yang dimaksud dengan penolakan (balking) dalam proses antrian?
Jawaban: Penolakan (balking) dalam proses antrian adalah perilaku pelanggan yang menolak untuk bergabung dengan antrian karena alasan tertentu.

14. Apa saja langkah-langkah dasar dalam melakukan simulasi sistem antrian?
Jawaban: Langkah-langkah dasar dalam melakukan simulasi sistem antrian meliputi menentukan tujuan simulasi, menentukan variabel input, menentukan distribusi probabilitas untuk variabel input, menentukan model antrian yang akan digunakan, menentukan parameter model antrian, menentukan metode simulasi yang akan digunakan, menjalankan simulasi, menganalisis hasil simulasi, dan menarik kesimpulan.

15. Dapatkah Anda memberikan contoh konkret dari situasi di mana simulasi antrian dapat digunakan untuk memahami atau memperbaiki efisiensi operasi?
Jawaban: Contoh konkret dari situasi di mana simulasi antrian dapat digunakan untuk memahami atau memperbaiki efisiensi operasi adalah dalam industri perbankan, restoran cepat saji, atau bandara.

16. Bagaimana distribusi probabilitas dapat mempengaruhi hasil simulasi sistem antrian?
Jawaban: Distribusi probabilitas dapat mempengaruhi hasil simulasi sistem antrian karena variabel input dalam sistem antrian sering kali memiliki distribusi probabilitas yang berbeda-beda.

17. Apa manfaat dari melakukan simulasi sistem antrian dalam pengambilan keputusan terkait dengan manajemen antrian?
Jawaban: Manfaat dari melakukan simulasi sistem antrian dalam pengambilan keputusan terkait dengan manajemen antrian antara lain dapat membantu dalam memperbaiki efisiensi operasi, mengurangi waktu tunggu pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

18. Apa perbedaan antara model stokastik dan model deterministik dalam bentuk variabel input dan dengan cara menginterpretasikan hasilnya?
Jawaban: Perbedaan antara model stokastik dan model deterministik terletak pada bentuk variabel input dan cara menginterpretasikan hasilnya. Model stokastik mencakup distribusi kemungkinan untuk input dan memberikan serangkaian nilai dari sekurang-kurangnya 1 variabel output dengan probabilitas yang berkaitan pada tiap nilai, sedangkan model deterministik tidak mempertimbangkan probabilitas dalam variabel input dan memberikan nilai pasti untuk variabel output.

19. Apa saja karakteristik yang menyebabkan kompleksitas sebuah sistem dan berikan contoh karakteristik tersebut dalam sebuah sistem antrian ATM?
Jawaban: Karakteristik yang menyebabkan kompleksitas sebuah sistem antara lain banyaknya variabel input, interaksi antar variabel, ketidakpastian dalam variabel input, dan dinamika sistem yang berubah-ubah. Contoh karakteristik tersebut dalam sebuah sistem antrian ATM adalah banyaknya variabel input seperti jumlah mesin ATM, jumlah pelanggan, dan waktu operasi, interaksi antar variabel seperti waktu tunggu pelanggan dan jumlah mesin ATM yang tersedia.

20. Apa saja komponen dasar proses antrian?
Jawaban: 
  • Kedatangan: waktu saat pelanggan datang ke sistem antrian.
  • Mekanisme pelayanan: cara sistem memberikan layanan kepada pelanggan.
  • Kapasitas sistem: jumlah pelanggan yang dapat dilayani oleh sistem dalam satu waktu.
  • Disiplin antrian: aturan yang mengatur perilaku pelanggan dalam antrian.
  • Urutan layanan (FIFO): aturan yang mengatur pelanggan dilayani sesuai dengan urutan kedatangan mereka.
  • Aliran sistem antrian kedatangan: pola kedatangan pelanggan ke sistem antrian.
  • Penerimaan atau pengecekan: tahap di mana pelanggan diperiksa untuk memastikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk menerima layanan.
  • Antrian: tempat di mana pelanggan menunggu untuk menerima layanan.
  • Lama layanan: waktu yang dibutuhkan oleh sistem untuk memberikan layanan kepada pelanggan.
  • Pengingkaran (reneging): perilaku pelanggan yang meninggalkan antrian sebelum menerima layanan.
  • Penolakan (balking): perilaku pelanggan yang menolak untuk bergabung dengan antrian karena alasan tertentu.

Comments